Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar diajarkan dalam bentuk terpadu antara Fisika, Biologi dan Kimia. Muatan pembelajaran IPA adalah tentang makhluk hidup dan lingkungan, energi dan perubahannya, zat (materi) dan sifatnya. Proses pembelajaran IPA perlu dilakukan dengan mengedepankan proses ilmiah. Metode pembelajaran yang dipilih harus dapat melatih keterampilan ilmiah dan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran IPA juga harus dilakukan secara kontekstual sehingga manfaat mempelajari IPA dapat dirasakan secara langsung oleh siswa.
Muatan IPA Sekolah Dasar
Topik-topik pembelajaran IPA sekolah dasar merupakan pengenalan bidang fisika, biologi, dan kimia yang sangat dekat dengan lingkungan siswa. Ketiga bidang tersebut diajarkan secara terpadu dan kontekstual. Mengingat luasnya cakupan materi pembelajaran IPA, maka guru harus dapat memilih topik yang berkaitan dan ada di lingkungan sekitar untuk dijadikan fokus pembelajaran. Topik ini diharapkan bisa dijadikan jembatan pembelajaran dan pemahaman bagi topik-topik lain.
Proses Pembelajaran IPA Sekolah Dasar
Pembelajaran IPA di sekolah dasar harus dilaksanakan dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dilakukan dengan proses ilmiah. Dimulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Proses ilmiah sederhana dilakukan untuk mendapatkan penjelasan dan bukti atas suatu konsep. Proses ilmiah yang lebih rumit bisa dilakuan dengan memprediksi dan mencari solusi dari suatu peristiwa alam. melakukan penyelidikan sederhana, memprediksi, dan penyelidikan yang lebih rumit. Guru harus memilih metode yang dapat melatih keterampilan ilmiah siswa. Metode yang disarankan antara lain, inquiri, STEM, project base learning, problem base learning, discovery learning, group investigation, atau metode lainnya. Pemilihan metode juga harus dapat menumbuhkembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Pembelajaran IPA juga harus menekankan interaksi siswa dengan teknologi, lingkungan, dan bidang ilmu lain.
Fokus Pembelajaran IPA
Fokus pembelajaran IPA di Kelas 1
- Mengenal sifat dan wujud benda yang dikaitkan dengan bahan kimia sehari-hari
- Mengenal keanekaragaman hayati
- Pengenalan energi dan perubahannya
- Lingkungan biotik dan abiotik
Fokus pembelajaran IPA di Kelas 2
- Mengenal alam sekitar dan pentingnya bagi kehidupan
- Pemahaman kesehatan dan kebersihan lingkungan
- Mengenal panca indera
- Memahami peristiwa alam dan bahayanya yang mengancam makhluk hidup dan lingkungan
Fokus pembelajaran IPA di Kelas 3
- Gejala alam di sekitar
- Mengenal pengetahuan IPA sederhana
- Penerapan pengetahuan IPA sederhana di lingkungan sekitar
- Mengenal perkembangan pengetahuan, isu dan inovasi IPA
- Melakukan percobaan IPA sederhana
Fokus pembelajaran IPA di Kelas 4
- Mengenal sifat dan wujud benda
- Pengelompokan bahan kimia sehari-hari
- Pemahaman jenis dan sumber energi
- Mengenal fenomena alam
- Mengenal ciri-ciri dan habitat makhluk hidup
- Mengenal dan mengamati keanekaragaman hayati dan budaya
- Memahami pelestarian lingkungan
Fokus pembelajaran IPA di Kelas 5
- Pemahaman bumi dan alam semesta
- Mengenal dan memahami penemuan bidang IPA dan tokohnya
- Mengenal dan memahami pertumbuhan dan perkembangbiakan manusia, hewan dan tumbuhan
- Mengamati dan memahami rantai makanan, ekosistem dan interaksi
- Mengenal dan memahami makanan dan lingkungan sehat
Fokus pembelajaran IPA di Kelas 6
- Pengembangan pemahaman gaya dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
- Melakukan kerja ilmiah
- Mengenal dan menerapkan pengetahuan dan inovasi IPA serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar