Rabu, 08 April 2020

Cara Terbaik Mengenalkan Bilangan ke Anak


Kadang  kita mendapati anak yang mengalami kesulitan untuk melakukan operasi hitung matematika. Perkalian, pembagian, pengurangan menyimpan bahkan kadang penjumlahan. Padahal mereka sudah duduk di kelas atas sekolah dasar.  Memang banyak faktor yang mempengaruhi keadaan seperti itu. Tapi kita disini hanya akan membahas bagaimana cara yang efektif untuk menanamkan konsep bilangan. Sehingga tidak ada lagi anak  yang mengalami kesulitan operasi hitung.


Kita sudah mengenal banyak cara untuk mengenalkan bilangan ke anak. Sebut saja contohnya membilang langsung, bernyanyi, menggambar angka,mencocokkan gambar dan angka, dan menggunakan flash card. Tapi hal-hal yang disebutkan di awal tadi hanya membuat anak paham bilangan. Belum mampu untuk memunculkan sense of number kalau saya boleh menyebut begitu. Kepekaan pada bilangan.


Kita bisa memaksimalkan pemahaman konsep anak tentang bilangan, sampai memunculnya kepekaan anak pada bilangan. Ilustrasi berikut mungkin bisa membantu anda memahami maksud dari kepekaan bilangan.

Contoh :


7 + 5 + 3 =....


Anak yang belum punya kepekaan bilangan mereka akan menjumlahkan 7 dengan 5 baru kemudian ditambah lagi dengan 3.

Sedangkan anak yang memiliki kepekaan bilangan, mereka akan menjumlah 7 dengan 3 baru ditambah dengan 5. Karena 7 dan 3 adalah pasangan 10, lebih mudah untuk dijumlahkan terlebih dahulu.


Jika anda sudah memahami maksud dari kepekaan bilangan. Mari kita lanjutkan dengan pembahasan bagaimana mengajarkan konsep bilangan, sekaligus memunculkan kepekaan anak kepada bilangan. Cara-cara yang saya bahas, adalah cara yang mulanya dipakai di singapura. Kita tahu singapura sangat dominan dalam prestasi pembelajaran matematikanya. Sekarang, cara ini sudah diadopsi oleh banyak negara di dunia.

Baca Juga : Pentingnya Konsep Vs Pentingnya Trik dalam Matematika

Number bond


Number bond 6
Apa itu Number Bond ? Number bond adalah ikatan bilangan dengan bilangan lain yang menjadi penyusunnya.

Contoh :

Bilangan 3 bisa dibentuk dari 1 dan 2.

Bilangan 4 bisa debentuk dari 1 dan 3, atau 2 dan 2.


Jadi bisa dikatakan bahwa 3, 2, dan 1 adalah number bond. Demikian juga 4, 1 dan 3 adalah number bond. atau 4, 2 dan 2 juga adalah number bond.
Pemahaman pada number bond, membuat anak bisa melengkapi penjumlahan atau pengurangan secara instan.

Bisa juga nantinya digunakan anak untuk menjumlahkan angka yang sulit menjadi lebih mudah, dengan cara memecahnya. Misalnya ada penjumlahan 7 dan 8. Bilangan 7 bisa dipecah menjadi 5 + 2, sedangkan 8 bisa dipecah menjadi 5 + 3. 5 + 5 = 10, 2+3 = 5. Tentunya proses sebenarnya secara mental, tidak sepanjang apa yang tertulis di sini.


Famili of Fact


contoh lembar kerja family of fact

Famili of Fact mempunyai arti bahwa hubungan 3 angka bisa bermakna penjumlahan sekaligus pengurangan. Secara khusus dimaksudkan bahwa hubungan antara tiga bilangan berupa satu penjumlahan dan dua pengurangan.

Contoh :

 3 + 2 = 5 satu penjumlahan



secara natural harusnya juga dipahami sebagai dua buah pengurangan. yaitu :



5 - 3 = 2 dan

5 - 2 = 3




Framing Number


framing number 10
Bingkai bilangan. Disini dimaksudkan membingkai satu belangan dengan sekelompok bilangan. Umumnya framing number menggunakan bilangan sepuluh sebagai bingkai. Bisa juga kita kembangkan dengan bilangan 5 sebagai bingkainya. 

Framing 10 mengenalkan pada anak pasangan bilangan 10. Yang nanti penggunaannya sangat memudahkan untuk menjumlah dan mengurangkan bilangan.

Baca Juga : 7 Langkah Mudah Membuat Mind Mapping

Break Apart


Memecah bilangan. Maksudnya adalah kita memecah bilangan menjadi bilangan bilangan lain yang jumlah dari pemecahannya adalah bilangan awalnya. Misal kita dapat memecah 8 menjadi 1 dan 7, 2 dan 6, dan lainnya.

Kalau anda mengatakan ini mirip dengan pemfaktoran, ya memang iya. Walaupun kita belum menyampaikan istilah pemfaktoran untuk tahap awal pengenalan bilangan ini.


 

 

 

 

 

Near from


Line number
Mencari bilangan terdekat. Misal kita hendah membahas 5. Maka kita cari bilangan terdekatnya dengan jarak tertentu. Bilangan yang berjarak 1 dari 5, kita akan menemukan 4 dan 6. Bilangan yang berjarak 2, Kita menemukan 4 dan 7. Sebagai alat bantunya kita bisa menggunakan garis bilangan atau karpet bilangan. 

 

 

 

 

Cara Matematika Gasing 

 

Cara yang dipopulerkan oleh Yohanes Surya dalam seri buku Matematika Gasing. Cara ini cukup dengan menggunakan jari. Dimana kita mengacungkan jari sambil menyebutkan sebuah bilangan. Anak kemudian diminta untuk melengkapi bilangan tersebut sesuai dengan apa yang kita ucapkan.
Misalkan kita mengacungkan 2 jari, sambil menyebut 5. Berarti anak harus melengkapi dengan cara mengacungkan jari sehingga jari kita dan jari anak berjumlah 5. Modifikasi lebih lanjutnya adalah dengan mengacungkan jari dari tangan kanan dan kiri. Jadi anak mengacungkan 2 jari di tangan kanan dan 1 jari di tangan kiri. 

Penggunaan dalam Pembelajaran

 

Dalam praktek penggunaanya, semua cara di atas dilakukan secara mandiri, sendiri-sendiri. Bisa juga dilakukan secara simultan. Dimulai dari bilangan terkecil. Misal kita mulai dari bilangan 2 sebagai pokok bahasan. Maka kita ajarkan number bond, famili of fact, framing number, break apart, dan near from serempak untuk bilangan 2. Baru setelah anak menguasai kita lanjutkan dengan bilangan 3. Begitu seterusnya sampai batas yang sudah ditentukan oleh kurikulum.


Anak dengan usia atau tingkat kelas yang lebih tinggi, bisa juga menggunakan cara-cara di atas dengan operasi perkalian dan pembagian.


Dengan kita menggunakan cara ini, tentu harapan kita adalah kepekaan anak pada bilangan akan bertambah. Tidak akan ada lagi anak yang kesulitan melakukan operasi perhitungan. Baik itu dikelas rendah apalagi kelas tinggi.


Bagaimana pendapat anda? Silahkan post di kolom komentar!
Atau ada yang berminat mengembangkan LKS dengan cara-cara di atas? Bisa didiskusikan bersama!

Referansi :
https://www.helpingwithmath.com/
https://www.math-aids.com/Number_Bonds/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar