Jumat, 27 Maret 2020

7 Langkah Mudah Membuat MInd Map

Sebelum mebuat mind map, ada baiknya kita mengenal lebih dahulu apa itu mind map. 

Mind map adalah suatu metode untuk mencatat dan merencanakan sesuatu dengan cara menuliskan kata kunci dalam bagan yang saling terhubung. Mind map dicetuskan oleh Tony Buzan. Diperkenalkan dalam kegiatan summer camp, yang merupakan program unggulan mereka. Peserta summer camp berasal dari seluruh dunia. Bahkan, dari Indonesia juga ada. Salah satu alumninya adalah Munif Catiq. Tokoh penggerak pendidikan yang sukses dengan buku sekolahnya manusia, kelasnya manusia, orang tuanya manusia.

Mind map diciptakan dengan ide bahwa inilah cara yang paling sesuai untuk mengoptimalkan cara kerja otak. Otak manusia terbagi dalam otak kanan dan otak kiri. Otak kanan cenderung bersifat imaginatif, emosional, intuitif, penuh warna, peka terhadap bentuk dan ruang, serta kreatif. Sedangkan otak kiri bersifat prosedural, logis, dan analitis. Hasil akan maksimal jika kedua fungsi otak ini dilakukan secara simultan.
Mind map dipandang juga sesuai dengan cara kerja otak yang bersifat asosiatif. Otak bekerja dengan mengaitkan satu konsep ke konsep lainnya. Otak menyimpan ingatan dengan menyimpan konsep-konsep. Semakin sering mengulang informasi (menngingat), maka antar konsep akan terbentuk hubungan yang makin kuat. Ingatan tidak disimpan sepeti kita membuat rangkuman. 

7 langkah mudah membuat mind map :
  1. Baca buku atau materi yang akan dibuat mind map nya
  2. Tuliskan bab di buku sebagai ide utama. Letakkan di tengah halaman mind map.
  3. Tambahkan cabang dan tuliskan semua sub bab yang ada. Lebih baik jika tiap garis dalam cabang memiliki warna yang berbeda.
  4. Lengkapi masing-masing sub bab dengan keterangan rincian berupa kata atau frase (dua kata)
  5. Tambahkan gambar pada setiap kata (jika memungkinkan)
  6. Andalah senimannya, tidak ada bentuk baku dari mind map. Mana yang memudahkan anda memahami dan mengingat, itulah yang terbaik.
  7. Perindah mind map anda.
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat mind map :
  1. Buatlah mind map dalam kertas secara lanscape atau mendatar;
  2. Sebelum membuat cabang, tentukan dulu semua hal yang akan anda tuliskan. Hal ini bertujuan agar ruang dalam halaman mind map tertata rapi;
  3. Gunakan alat tulis yang beraneka ragam. Baik dari jenisnya, ballpoint/spidol dan warnanya;
  4. Buatlah garis yang melengkung dan bukan garis lurus. Ini akan memjadikan mind map anda enak dilihat dan tidak terkesan kaku;
  5. Garis yang dekat ide pokok buatlah lebih tebal. Garis yang jauh dari ide pokok buatlah lebih kecil.
  6. Semakin sering anda membuat mind map. Semakin cepat dan semakin indah mind map yang anda buat;
Hal-hal yang sudah dibahas adalah cara membuat mind map secara manual. Banyak aplikasi dan tool untuk membuat mind map. Baik yang berbasis pada windows atau linux maupun berbasis android. Pada kesempatan lain akan saya bahas aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuat mind map. 

1 komentar: