Senin, 29 Juni 2020

Gaya dan gerak

Pengertian Gaya


Pernahkah kamu mendorong meja? Pada saat kamu mendorong meja, kedua kakimu menginjak lantai ke belakang untuk menyangga bobot tubuhmu. Ini menghasilkan gaya dorong yang menggerakkan meja ke depan. Jadi apakah yang dimaksud dengan gaya?


Pengertian gaya di sini (sains) tidak sama dengan gaya berpakaian atau gaya berbicara. Gaya adalah dorongan atau tarikan. Contoh gerakan dorongan adalah memukul bola poingpong, menutup pintu, dan menendang bola. Adapun contoh gerakan tarikan adalah menarik mobil-mobilan, membuka pintu, dan menarik gerobak.


Besar gaya dapat diukur dengan alat bernama dinamometer. Hasil pengukuran gaya dinyatakan dalam satuan newton (N).


Macam-Macam Gaya Dalam Kehidupan


Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemukan gaya dengan jenis yang berbeda satu dan yang lainnya. Gaya tarik, gaya dorong, dan gaya gesek merupakan beberapa gaya yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. 

Dilihat dari prosesnya, gaya dapat dibedakan menjadi dua yakni gaya sentuh dan gaya tak sentuh.

Gaya sentuh 


Gaya sentuh adalah gaya di mana dua atau lebih benda bersentuhan dengan satu sama lain secara langsung.
Contoh gaya sentuh adalah gaya gesek, gaya otot, dan gaya pegas.

Gaya tak sentuh 


Gaya tak sentuh atau field forces adalah gaya yang terbentuk tanpa adanya sentuhan antara benda-benda.
Contoh gaya tidak sentuh adalah gaya gravitasi, gaya magnet, dan gaya listrik.

Setiap gaya yang dilakukan memerlukan tenaga. Berdasarkan sumber tenaga yang diperlukan, gaya dibedakan menjadi beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Gaya Otot


Gaya otot merupakan gaya yang dihasilkan oleh otot-otot tubuh kita. Gaya ini sering dilakukan pada saat kita mengangkat beban atau sedang senam di sekolah. Gaya otot mudah dikendalikan sehingga bisa berbentuk tarikan atau dorongan. Apabila kita sering melakukan olahraga maka otot kita akan bertambah besar dan kuat.

Contoh gaya otot adalah pada saat kita menarik atau mendorong meja, membawa belanjaan ibu, dan menendang bola. Karena terjadi sentuhan maka gaya ini termasuk gaya sentuh.

Gaya magnet



Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh tarikan atau dorongan dari benda magnet. Benda akan dapat ditarik oleh magnet selama benda berada di dalam medan magnet. Benda-benda yang dapat ditarik atau didorong oleh magnet disebut benda magnetis. Adapun benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda nonmagnetis.
a.  Manfaat Gaya Magnet
1)  Penerapan gaya magnet pada kompas untuk menunjukkan arah.
2)  Magnet juga berguna untuk memindahkan benda-benda berat yang terbuat dari besi.

Gaya Grativitasi


Gaya gravitasi merupakan gaya tarik yang dialami suatu benda terhadap pusat bumi. Akibatnya semua benda yang jatuh ke bumi akan tertarik ke arah pusat bumi. Contohnya; buah kelapa yang jatuh ke bawah, bola yang dilempar akan jatuh ke bawah.


Manfaat Gaya Gravitasi Bumi
1)  Benda-benda yang ada di bumi tidak terlempar ke luar angkasa.
2)  Air laut menjadi tidak tumpah dan tetap pada tempatnya di bagian terdalam permukaan bumi.
3)  Manusia dapat berjalan di atas permukaan tanah.

Gaya Gesek

Gaya gesek merupakan gaya yng ditimbulkan akibat permukaan dua benda yang saling bersentuhan. Semakin kasaar permukaan suatu benda, gaya geseknya semakin besar.


Manfaat Gaya Gesek
1)  Gaya gesek dimanfaatkan saat mengerem sepeda. Kampas rem akan memberikan
     gaya gesek pada pelek roda sehingga menghambat perputaran roda.
2)  Permukaan ban dibuat beralur agar supaya dapat memperbesar gesekan ban
     dengan jalan. Tujuannya untuk mencegah kendaraan tergelincir.

Gaya Listrik


Gaya listrik adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda bermuatan listrik. Listrik mempunyai dua muatan, yaitu muatan positif dan muatan negatif. Benda yang bermuatan listrik sejenis jika berdekatan akan tolak-menolak. Sebaliknya, benda bermuatan listrik tidak sejenis akan tarik-menarik. 

Contohnya; listrik statis yaitu penggaris plastik yang digosokkan ke rambut, dapat menarik potongan kertas. Karena memiliki muatan listrik pada penggaris plastik.

Deret Tribolistrik adalah daftar berurut benda-benda yang jika saling digosokkan akan menghasilkan gaya listrik. 
Urutan di bawah akan bermuatan negatif jika digosokkan dengan urutan di atasnya. Demikian juga sebaliknya. Sebagai contoh jika gelas digosok dengan bulu kelinci maka gelas akan bermuatan negatif.


Gaya Pegas


Gaya pegas adalah Kekuatan yang ditimbulkan oleh karet atau pegas yang direnggangkan. Misalnya, saat kamu bermain panahan, karet mampu mendorong anak panah terlontar dengan cepat dan jauh.





Baca Juga : 

Gaya Mesin


Gaya yang dihasilkan oleh mesin. Mesin bisa menghadilkan gaya yang sangat besar. Manusia menggunakan mesin untuk membantu pekerjaan. 

Contoh gaya mesin :
Mesin sepeda motor, mesin mobil, mesin alat berat



Pengaruh Gaya terhadap Benda


Gaya Menggerakkan Benda Diam


Pertama, bayangkan di depan rumah kamu ada mobil baru yang dibeli orangtuamu. Kamu lalu minta ayahmu untuk pergi piknik ke taman kota. Sayangnya, begitu ayahmu duduk dan ingin menyalakan mesin, ia menyadari kalau bensin mobil itu kosong. Akhirnya, ayahmu keluar dan mendorong mobil tersebut sampai pom bensin yang kebetulan ada di seberang rumahmu. Nah, kegiatan memberikan gaya berupa “mendorong mobil” dari yang semula “diam” di garasi ke pom bensin itu berarti, gaya dapat menggerakkan benda yang diam.

Gaya Menghentikan Benda Bergerak


Sesampainya di pom bensin, ayahmu akan menginjak pedal rem, sehingga mobil berhenti. Itu artinya, gaya yang diberikan dari kaki kepada pedal rem akan membuat sebuah benda yang sebelumnya bergerak menjadi berhenti.


Gaya Mengubah Kecepatan Benda


Tidak hanya menghentikan gerakan benda saja, dengan memberikan suatu gaya pada benda, kita juga bisa mengubah kecepatan gerak benda itu, lho. Ketika ayahmu mengendarai mobil, injakan kaki kepada pedal gas akan memberikan gaya kepada gerakan roda di bawah. Semakin dalam injakan pedal gas tersebut, tentu akan meningkatkan kecepatan si mobil, kan. Artinya, gaya dapat mengubah kecepatan suatu benda.

Gaya Mengubah arah gerak benda


Kamu dan ayahmu masih di jalanan lengang. Dia terus menginjak pedal gas. Mobil dalam kecepatan tinggi. Tiba-tiba di depan ada seekor anak kucing melintas. Ayahmu lantas memutar setir ke kanan dengan cepat. Apa yang terjadi ketika setir mobil diputar? Bukan, setirnya bukan copot. Kan bukan mur. ayahmu memberikan gaya berupa “memutar setir mobil ke kanan”, yang membuat mobil tersebut akan berbelok ke arah kanan. Itu artinya, gerakan mobil yang semula lurus, akan “berubah” akibat adanya gaya dari putaran setir oleh ayahmu.

Gaya Mengubah bentuk benda


Karena belokan yang tiba-tiba tadi, tidak sengaja bagian bumper belakang mobilmu menabrak tempat sampah di pinggir jalan. Ayahmu menghentikan mobil. Kamu keluar dan melihat kalau saat ini, tempat sampah tersebut sudah rusak dan bagian tutupnya penyok. Itu artinya, gaya “tabrakan antara mobil dan tempat sampah” menyebabkan perubahan bentuk kepada tempat sampah. Dari yang semula berbentuk kotak menjadi penyok di bagian atas. Itu artinya, gaya dapat mengubah bentuk sebuah benda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar