Rabu, 07 Desember 2022

Koneksi Antar Materi 1.3.a.8 PGP

Postingan kali ini admin akan membahas koneksi antar materi modul 1.3 Pendidikan Guru Penggerak.

Pertanyaan yang harus dijawab dalam kegiatan belajar ini adalah :

Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?

Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara

Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara memuat beberapa konsep dasar diantaranya adalah:

  • Tujuan pendidikan adalah selamat dan bahagia.
  • Pendidikan harus menjadikan anak sebagai subjek dengan memperhatikan kodrat anak, kodrat alam, kodrat jaman
  • Tugas guru adalah sebagai fasilitator, yang menyediakan pengalaman, iklim, lingkungan, dan sumber belajar terbaik untuk tumbuh kembang anak.
  • Pendidikan harus menyelaraskan olah pikir, olah rasa, dan olah raga
  • Pembelajaran kontekstual, terdiferensiasi, dan humanis
  • Pentingya pendidikan karakter
  • Belajar sambil bermain

Profil Pelajar Pancasila

Profil pelajar pancasila adalah karakter yang dimiliki oleh pelajar Indonesia. Pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Terdapat enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,

Peran Pendidik

Untuk mewujudkan Filosofi dan profil pelajar pancasila maka pendidik dapat mengambil peran sebagai berikut :

  • Menjadi Pemimpin Pembelajaran.
  • Menggerakkan Komunitas Praktisi.
  • Menjadi Coach Bagi Guru Lain.
  • Mendorong Kolaborasi Antar Guru
  • Mewujudkan Kepemimpinan Peserta didik.

Pemahaman saya tentang Paradigma Inkuiri Apresiatif (IA)

Inkuiri Apresiatif adalah sebuah menejemen perubahan yang didasari pada psikologi positif. Perubahan didasari dengan kekuatan dan potensi yang sudah dimiliki. IA sangat mendorong kolaborasi dan berbasis kekuatan dengan mengedepankan potensi inovasi dan kreativitas. Semua komponen dalam suatu organisasi bekerja secara bersama-sama dalam satu visi.

Dalam IA, kegiatan dimulai dari dari mengali kekuatan-kekuatan positif yang ada. Selanjutnya menyusun suatu rencana-rencana perubahan. Dalam praktiknya kita dapat menerapkan hal ini dengan BAGJA.

BAGJA merupakan singkatan dari buat pertanyaan, ambil pelajaran, gali mimpi, jabarkan rencana, dan atur eksekusi. Kelima langkah ini dapat membantu kita untuk merencanakan aksi perubahan diri, kelas, sekolah, maupun masyarakat.

Kaitan BAGJA dengan peran pendidik, profil pelajar pancasila, serta filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara

BAGJA dapat dijadikan sarana untuk memperudah pendidik untuk merencanakan aksi perubahan. Aksi perubahan yang dilakukan pendidik sesuai dengan peran yang harus dimilikinya. Yakni kelima hal yand sudah dibahas sebelumnya. Peran tersebut didasarkan pada filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Serta memiliki tujuan akhir terciptanya pelajar yang sesuai dengan profil pelajar pancasila


Visi

Mewujudkan Peserta didik yang unggul dalam cipta, rasa, dan karsa serta berkarakter pelajar pancasila


Demikian koneksi antar materi modul 1.3 PGP yang dapat admin posting kali ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar