Pembelajaran Keterampilan Abad 21
Di era industri 4.0 ini, kita dihadapkan pada tantangan yakni derasnya perkembangan teknologi informasi, peserta didik harus dibekali sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sesuai dan memadai. Keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa agar dapat memenangkan persaingan adalah karakter, literasi, dan kompetensi 4C (critical thinking, communication, collaboration, and creativity). Semuanya harus dikuasai oleh siswa agar mereka mampu meraih keunggulan bersaing dan mampu mewujudkan dirinya sebagai generasi emas 2045.
Guru dituntut untuk dapat memilih pendekatan, model, dan metode pembelajaran yang memfasilitasi siswa dalam rangka meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan pada abad XXI. Keterampilan yang dimaksud mencakup kecakapan berpikir kritis (critical thinking), berpikir kreatif (creative thinking), kecakapan berkomunikasi (communication skill), termasuk penguasaan bahasa internasional, dan kerja sama dalam pembelajaran (collaborative learning). Sudahkah anda menerapkan keterampilan yang dimaksud dalam proses pembelajaran?
Deskripsi 4 C
- Critical thinking (berpikir kritis) yaitu kemampuan siswa dalam berpikir kritis berupa bernalar, mengungkapkan, menganalisis dan menyelesaikan masalah. Di era reformasi critical thinking, juga digunakan untuk menangkal dan memfilter paham radikal yang dianggap tidak masuk akal. Kemampuan berpikir kritis biasanya diawali dengan kemampuan seseorang mengkritisi berbagai fenomena yang terjadi di sekitarnya, dirinya, dari situasi yang tidak tepat menjadi situasi yang berpihak padanya.
- Communication (komunikasi) yaitu bentuk nyata keberhasilan pendidikan dengan adanya komunikasi yang baik dari para pelaku pendidikan demi peningkatan kualitas pendidikan.
- Collaboration (kolaborasi) yaitu mampu bekerja sama, saling bersinergi dengan berbagai pihak dan bertanggung jawab dengan diri sendiri, masyarakat dan lingkungan. Dengan demikian ia akan senantiasa berguna bagi lingkungannya.
- Creativity (kreativitas) yaitu kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Kreativitas peserta didik perlu diasah setiap hari agar menghasilkan terobosan atau inovasi baru bagi dunia pendidikan. Kreatifitas membekali seorang peserta didik yang memiliki daya saing dan memberikan sejumlah peluang baginya untuk dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar