Jumat, 01 Oktober 2021

Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 2

Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 2

Pada kesempatan kali ini kami memposting soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 2 Kurikulum 2013. 

PTS dan PAS merupakan kegiatan penilaian yang wajib dilakukan oleh setiap guru mapel ataupun guru kelas. 

Soal disusun berdasarkan silabus tema 2 kelas 6 kurikulum 2013. Didalamnya terdapat muatan KD untuk PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Soal PTS PAS Kelas 6 tema 2 ini terdapat 3 jenis soal. ketiganya yaitu jenis pilihan ganda, jawab singkat dan uraian.

Semoga soal berikut bisa digunakan untuk mempersiapkan siswa menghadapai PTS dan PAS di Kelas 6 tema 2. Soal berikut ini juga bisa digunakan untuk soal PTS ataupun soal PAS di kelas 6. 

Postingan berikutnya kami akan memposting soal PTS PAS kelas 6 tema 3, tema 4 serta tema 5.

Silahkan mendownload soal pts dan pas tema-tama yang lain dibawah ini :

Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 1
Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 2
Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 3
Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 4
Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 5

Soal lengkap bisa dilihat berikut ini! Anda bisa juga mendownload soal ini pada link di bagian bawah postingan.


PENILAIAN AKHIR SEMESTER I SEKOLAH DASAR

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tema       : 2. PERSATUAN DALAM PERBEDAAN

 

Subtema : 1. Rukun dalam Perbedaan

   2. Benda dalam Kegiatan Ekonomi

                 3. Manusia dan Benda di Lingkungannya

Nama                  :

Kelas / Semester : VI / 1

Hari / Tanggal      : 

 

PETUNJUK:

A.   Tuliskan namamu di sudut kanan atas!

B.   Mulailah mengerjakan dengan berdoa!

C.   Tulisan harus jelas, rapi dan bersih!

D.   Periksalah dahulu pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada bapak/Ibu Guru! 


A.     KD. 3.4 (PPKn)  NILAI :

Ø  Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d!

 

1.    Berikut kegiatan yang menunjukkan nilai-nilai persatuan di sekolah adalah ....

a. berdoa sebelum makan.

b. menggunakan seragam sesuai jadwal.

c. mengerjakan PR saat jam belajar di kelas.

d. menggumpulkan sumbangan untuk korban bencana alam.

2.    Sikap yang diperlukan untuk mencapai persatuan dalam perbedaan adalah ....

a. peduli, egois, toleransi                        

b. peduli, acuh tak acuh, mendahulukan kepentingan bersama

c. peduli, mendahulukan kepentingan golongan, toleransi.

d. peduli, toleransi, mendahulukan kepentingan bersama

3.    Berikut bukan contoh kegiatan pelaksanaan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan adalah.

a. membantu korban bencana alam tanpa melihat latar belakang .                                    

b. mempersilakan orang lain untuk beribadah sesuai agamanya masing-masing

c. membantu tetangga yang kesusahan, dengan melihat latar belakangnya.

d. membantu tetangga yang sedang kesusahan tanpa membedakannya. 

4.    Peribahasa “bersatu kita teguh, berceraai kita runtuh” memiliki arti....

a. persatuan tidak perlu dipupuk terus-menerus.

b. persatuan akan membuat suatu bangsa semakin kuat.

c. perselisihan adalah suatu hal yang biasa dalam suatu bangsa

d. persatuan artinya memperlakukan semua orang dengan cara sama.

 

5.    Berikut yang bukan cara mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah....

a. menjaga keharmonisan dengan semua orang

b. melakukan pembangunan di desa terpencil saja 

c. meningkatkan rasa peduli pada orang-orang di sekitar

d. memperluas pergaulan, meskipun berbeda suku atau budaya

 

Ø  Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

6.    Contoh sikap toleran dalam upaya mencapai persatuan dalam perbedaan adalah….

7.    Salah satu manfaat kerja sama adalah ....

8.     Sikap saling menghormati dan menghargai antarindividu meskipun terdapat perbedaan dinamakan adalah….

Ø  Jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

9.    Apa hubungan antara persatuan dan kesatuan bangsa dengan kesejahteraan rakyat? Jelaskan!

.............................................................................................................................................................

...............................................................................................................................................................

10.  Tuliskan 2 contoh sikap rela berkorban yang dapat dilakukan oleh siswa di sekolah!

.............................................................................................................................................................

............................................................................................................................................................

B.     KD. 3.1(B.Indonesia)   NILAI :

Ø  Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d!

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 11- 14!

(1)  Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945. (2) Pada hari itu juga salinan naskah proklamasi yang sudah ditandatangani oleh Soekarno dan Moh. Hatta disampaikan kepa Pusat Jawatan radio (sekarang RRI) untuk disebarluaskan. (3) Proklamasi kemerdekaan disiarkan tiga kali berturut-turut oleh  Yusuf Ronodipuro, Bachtiar Luas, dan Suprapto.

 


11.  Kalimat tanya yang tepat sesuai teks tesebut adalah ....

a. Apa yang akan terjadi setelah teks proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Soekarno?

b. Siapa yang menandatangani teks proklamasi kemerdekaan Indonesia?

c. Di mana proklamasi Kemerdekaan Indonesia ?

d. Mengapa Soekarno tidak segera memproklamasika kemerdekaan? 

12.   Informasi penting yang dapat ditemukan menggunakan kalimat tanya “Siapa saja tokoh yang menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?” adalah ….

a. Soekarno, Moh. Hatta, dan Bachtiar Lubis          

b. Bachtiar Lubis, Soekarno, dan Suprapto

c. Yusuf Ronodipuro, Suprapto, dan Moh. Hatta

d. Suprapto, Bachtiar Lubis, dan Yusuf Ronodipuro 

13.  Kalimat tanya yang tepat untuk kalimat (1) pada teks diatas adalah….

a. dimana                                                 c.bagaimana

b. kapan                                                   d. siapa      

14.  Kata tanya bagaimana dapat digunakan pada kalimat nomor ….

a. 1                                                                             c. 3

b. 2                                                                             d. 4 

15.  Kalimat yang memiliki susunan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang tercantum dalam PUEBI disebut kalimat....

a.baku                                                                        c. efektif         

b.tidak baku                                                               d. tidak efektif

 

Ø  Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 19

            Perundingan Linggajati diambil dari nama daerah tempat dilakukannya perundingan tersebut, yaitu Linggajati, Kuningan, Jawa Barat. Perundingan tersebut dilaksanakan pada 10 November 1946. Hasil dari perundingan Linggajati tersebut adalah Perjanjian Linggajati. Pada saat itu, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Mohammad Roem, Mr. Susanto Tirtoprojo, dan dr. A.K. Gani. Belanda diwakili oleh Prof. Willem Scermerhorn, F.de.Boer, H.J. van Mook, Max van Poll





16.  Kalimat dengan kata tanya mengapa yang tepat sesuai isi paragraf tersebut  adalah …..

17.  Informasi penting yang dapat ditemukan menggunakan kalimat tanya “siapa perwakilan dari Belanda yang dikirim untuk membuat Perjanjian Linggajati ?” adalah…..

18.  Nama perundingan Linggajati diambil dari nama …..

Ø  Jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

19.  Tuliskan infomasi dari teks tersebut berdasarkan kata tanya kapan!

................................................................................................................................................................

.................................................................................................................................................................

20.  Tulislah 5 contoh kata baku!

...............................................................................................................................................................

.................................................................................................................................................. 

 

C.     KD. 3.3 (IPA)  NILAI :

Ø  Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d!

 

21.  Kemampuan kelelawar mendeteksi benda-benda disekitar dengan mengeluarkan bunyi tertentu disebut ….

a.   mimikri                                                                 c. ekolokasi

b.   kamuflase                                                            d.  autotomi

22.  zat hara yang didapatkan oleh tumbuhan insektivora dari serangga adalah….

a.natrium                                                        c. kalium

b.fosfor                                                           d. nitrogen

23.  Perhatikan tabel berikut ....

Nama Hewan

Cara Adaptasi

1.   Sapi

2.   Harimau

3.   Bebek

4.   Ayam

5.   Elang

A.   Susunan gigi taring yang sangat tajam

B.   Kaki yang memiliki selaput  diantara jari

C.   Paruh kukuh, runcing dan, melengkung tajam

Pasangan yang tepat antara nama hewan dan cara adaptasinya adalah….

             a.1- A, 3 – B, dan 4 - C                                  c. 2 – A,  3 – B, dan 5 - C                                          

             b. 2 – A, 3 – B, dan 4 – C                              d. 3 – A, 4 – B, dan 5 - C                                  

 

24.  Pangkal tangkai daun yang menggelembung pada enceng gondok berguna untuk….

a.membantu menyeimbangkan tumbuhan di permukaan air

b. membantu mengapung di permukaan air

c. membantu menyimpan makanan

d. membantu proses penguapan air

 

25.  Ciri khusus yang dimiliki oleh burung hantu untuk menemukan mangsa adalah  ….

a.cakar yang tajam                                                   

b.kemampuan ekolokasi

c. mata dan telingga yang peka

d. indra penciuman yang tajam

 

Ø  Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d!

 

26.  Trenggiling memiliki penutup tubuh berupa sisik tebal dab keras yang berfungsi untuk……                      

 

27.   Lapisan pelekat pada telapak kaki cecak berguna untuk……

 

28.   Lidah buaya memiliki daun yang tebal dan berdaging sebagai bentuk penyesuaian diri. Tujuan penyesuaian diri dengan lingkungan tersebut adalah ….      

Ø  Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

 

29.  Apa tujuan tumbuhan kaktus mengubah daunnya seperti duri !

………………………………………………………………………………………………………………….

30.    Bagaimana cara ikan buntal melindungi diri dari pemngsa!                                                              ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………                                   

D.     KD. 3. 4(IPS)  NILAI :

Ø  Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d!

 

31.  Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah ....

a.   Afganistan                                    c. Mesir

b.   India                                              d. Saudi Arabia

 

32.  Proklamasi kemerdekaan menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang mandiri karena....

a.   kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan sendiri, bukan pemberian bangsa lain

b.   kemerdekaan Indonesia dicapai melalui bantuan jepang

c.   kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Soekarno seorang diri

d.   kemerdekaan Indonesia adalah hasil perjuangan para pemuda sendiri

 

33.   perjuangan berikut yang bertujua untuk mempertahankan kemerdekaan adalah ....

a.   Perlawanan Rakyat Maluku dipimpin oleh Pattimura                            

b.   Pertempuran Surabaya oleh arek- arek Surabaya melawan kembalinya bangsa asing

c.   Sumpah Pemuda tahun 1928

d.   Perang Diponegoro dipimpin oleh Pangeran Diponegoro

 

34.  Contoh kebebasan di bidang pendidikan yang diperoleh rakyat Indonesia setelah kemerdekaan  adalah ….

a.   hanya keluarga baangsawan yang dapat bersekolah

b.   sebagian murid pribumi adalah kaum laki-laki

c.   seluruh rakyat Indonesia dapat bersekolah

d.   pemerintah Belanda melarang perempuan Indonesia bersekolah                                                                  

35.  Tujuan dikeluarkannya kebijakan pinjaman nasional adalah….

a.   Menghapus penggunaan mata uang NICA sebagai alat pembayaran resmi Indonesia

b.   Meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam bidang produksi pangan

c.   Mengumpulkan dana bagi kepentingan perjuangan

d.   Merancang pembangunan ekonomi                                                         

 

Ø  Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

36.  Contoh penerapan makna proklamasi saat upacara bendera ....

37.  Penyebab terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api  ....

38.  Kerjasama yang dilakukan oleh Bung Tomo dan arek-arek Surabaya dalam upaya mempertahankan kemerdekaan pada Pertempuran Surabaya adalah....

Ø  Jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

39.  Mengapa dalam memperjuangkan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak boleh bersifat kedaerahan?

................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................

40.  Tuliskan 3 kebijakan pemerintah pada masa awal kemerdekaan untuk mengatasi masalah ekonomi Indonesia!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

E.     KD. 3.3 (SBdP)  NILAI :

Ø  Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d!

 

41.  Gerak tari yang menirukan kegiatan manusia disebut ....

a. gerak tari klasik                                                      c. gerak tari kreasi baru

b. gerak tari kreasi                                                     d. gerak tari kerakyatan

 

42.  Berikut yang bukan termasuk bentuk penyajian tari adalah ...

a.   tari tunggal                                                           c. tari kreasi                                       

b.   tari berpasangan                                                  d. tari berkelompok

 

43.  Tari piring asli kebudayaan dari ....

a.   suku betawi                                                         c. suku asmat

b.   suku minangkabau                                             d. suku dayak

 

44.   Gerak tari kerakyatan merupakan gerakan tari yang meniru kegiatan dan emosi manusia atau perangai hewan. Berikut tari yang memiliki gerak tari kerakyatan adalah ….

a. tari Merak, tari Reog Ponorogo, dan tari kuda Lumping                                     

b. tari Piring, tari Payung, dan tari Pakarena

c. tari Saman, tari Kecak, dan tari Jaipong

d. tari Pendet, tari Perang, dan tari Seudati

 

45.  Tari merak merupakan tarian daerah yang berasal dari ….

a. Sumatra Barat                                                          c. Jawa Barat

b. DKI Jakarta                                                            d. Jawa Tengah

 

Ø  Isilah titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

46.  Fungsi pola lantai dalam tarian berkelompok adalah ....

47.  Pola membentuk angka delapan termasuk jenis pola lantai.....

48.  Contoh tari yang dilakukan secara tunggal adalah…..

Ø  Jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

49.  Tuliskan 3 ciri-ciri tari tunggal!

.............................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

50.  Tuliskan 2 contoh tari yang mempunyai gerak tari kerakyatan !

…………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………..


Demikian postingan kami terkait soal PTS/PAS kelas 6 tema 2. Semoga bisa membantu menyiapkan siswa dan anak untuk menghadapi PTS dan PAS kelas 6 tema 2.

Donwload soal PTS/PAT Kelas 6 tema 2 di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar