Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 2
Pada kesempatan kali ini kami memposting soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 2 Kurikulum 2013.
PTS dan PAS merupakan kegiatan penilaian yang wajib dilakukan oleh setiap guru mapel ataupun guru kelas.
Soal disusun berdasarkan silabus tema 2 kelas 6 kurikulum 2013. Didalamnya terdapat muatan KD untuk PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Soal PTS PAS Kelas 6 tema 2 ini terdapat 3 jenis soal. ketiganya yaitu jenis pilihan ganda, jawab singkat dan uraian.
Semoga soal berikut bisa digunakan untuk mempersiapkan siswa menghadapai PTS dan PAS di Kelas 6 tema 2. Soal berikut ini juga bisa digunakan untuk soal PTS ataupun soal PAS di kelas 6.
Postingan berikutnya kami akan memposting soal PTS PAS kelas 6 tema 3, tema 4 serta tema 5.
Silahkan mendownload soal pts dan pas tema-tama yang lain dibawah ini :
Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 1
Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 2
Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 3
Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 4
Download Soal PTS/PAS Kelas 6 Tema 5
Soal lengkap bisa dilihat berikut ini! Anda bisa juga mendownload soal ini pada link di bagian bawah postingan.
PENILAIAN
AKHIR SEMESTER I SEKOLAH DASAR
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
Tema :
2. PERSATUAN DALAM PERBEDAAN Subtema : 1. Rukun dalam Perbedaan 2. Benda dalam Kegiatan Ekonomi 3. Manusia dan Benda di Lingkungannya |
Nama : Kelas / Semester : VI / 1 Hari / Tanggal : |
PETUNJUK:
A.
Tuliskan
namamu di sudut kanan atas!
B.
Mulailah
mengerjakan dengan berdoa!
C.
Tulisan
harus jelas, rapi dan bersih!
D.
Periksalah
dahulu pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada bapak/Ibu Guru!
A.
KD.
3.4 (PPKn) NILAI :
Ø Pilihlah
jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf
a, b, c atau d!
1.
Berikut kegiatan yang menunjukkan nilai-nilai
persatuan di sekolah adalah ....
a. berdoa
sebelum makan.
b. menggunakan
seragam sesuai jadwal.
c. mengerjakan PR saat
jam belajar di kelas.
d. menggumpulkan sumbangan untuk
korban bencana alam.
2.
Sikap yang diperlukan untuk mencapai persatuan
dalam perbedaan adalah ....
a.
peduli,
egois, toleransi
b.
peduli,
acuh tak acuh, mendahulukan kepentingan bersama
c. peduli,
mendahulukan kepentingan golongan, toleransi.
d. peduli, toleransi, mendahulukan kepentingan bersama
3.
Berikut bukan contoh kegiatan pelaksanaan
nilai-nilai persatuan dalam perbedaan adalah….
a. membantu
korban bencana alam tanpa melihat latar belakang .
b. mempersilakan
orang lain untuk beribadah sesuai agamanya masing-masing
c. membantu tetangga yang
kesusahan, dengan melihat latar belakangnya.
d. membantu tetangga yang sedang kesusahan tanpa membedakannya.
4.
Peribahasa “bersatu kita teguh, berceraai kita
runtuh” memiliki arti....
a.
persatuan
tidak perlu dipupuk terus-menerus.
b. persatuan
akan membuat suatu bangsa semakin kuat.
c.
perselisihan adalah suatu hal yang biasa dalam suatu bangsa
d. persatuan
artinya memperlakukan semua orang dengan cara sama.
5.
Berikut yang bukan cara mempertahankan
persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah....
a.
menjaga
keharmonisan dengan semua orang
b.
melakukan
pembangunan di desa terpencil saja
c.
meningkatkan rasa peduli pada orang-orang di sekitar
d. memperluas
pergaulan, meskipun berbeda suku atau budaya
Ø Isilah
titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
6.
Contoh sikap toleran dalam
upaya mencapai persatuan dalam perbedaan adalah….
7.
Salah satu manfaat kerja sama
adalah ....
8. Sikap saling menghormati dan menghargai
antarindividu meskipun terdapat perbedaan dinamakan adalah….
Ø Jawablah
pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
9. Apa
hubungan antara persatuan dan kesatuan bangsa dengan kesejahteraan rakyat? Jelaskan!
.............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
10. Tuliskan
2 contoh sikap rela berkorban yang dapat dilakukan oleh siswa di sekolah!
.............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
B.
KD.
3.1(B.Indonesia) NILAI :
Ø Pilihlah
jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf
a, b, c atau d!
Bacalah teks berikut
untuk menjawab soal nomor 11- 14!
(1) Teks proklamasi
kemerdekaan Indonesia dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945. (2) Pada hari
itu juga salinan naskah proklamasi yang sudah ditandatangani oleh Soekarno
dan Moh. Hatta disampaikan kepa Pusat Jawatan radio (sekarang RRI) untuk
disebarluaskan. (3) Proklamasi kemerdekaan disiarkan tiga kali
berturut-turut oleh Yusuf
Ronodipuro, Bachtiar Luas, dan Suprapto. |
11. Kalimat
tanya yang tepat sesuai teks tesebut adalah ....
a.
Apa
yang akan terjadi setelah teks proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Soekarno?
b.
Siapa
yang menandatangani teks proklamasi kemerdekaan Indonesia?
c. Di mana
proklamasi Kemerdekaan Indonesia ?
d. Mengapa
Soekarno tidak segera memproklamasika kemerdekaan?
12. Informasi
penting yang dapat ditemukan menggunakan kalimat tanya “Siapa saja tokoh yang menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?”
adalah ….
a. Soekarno, Moh. Hatta,
dan Bachtiar Lubis
b. Bachtiar
Lubis, Soekarno, dan Suprapto
c. Yusuf Ronodipuro, Suprapto,
dan Moh. Hatta
d. Suprapto, Bachtiar Lubis, dan Yusuf Ronodipuro
13. Kalimat
tanya yang tepat untuk kalimat (1) pada teks diatas adalah….
a.
dimana c.bagaimana
b. kapan d. siapa
14. Kata tanya
bagaimana dapat digunakan pada kalimat nomor ….
a.
1 c. 3
b. 2 d. 4
15. Kalimat yang
memiliki susunan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang tercantum dalam PUEBI
disebut kalimat....
a.baku c.
efektif
b.tidak baku d.
tidak efektif
Ø Isilah
titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan
19
Perundingan Linggajati diambil
dari nama daerah tempat dilakukannya perundingan tersebut, yaitu Linggajati,
Kuningan, Jawa Barat. Perundingan tersebut dilaksanakan pada 10 November
1946. Hasil dari perundingan Linggajati tersebut adalah Perjanjian
Linggajati. Pada saat itu, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Mohammad
Roem, Mr. Susanto Tirtoprojo, dan dr. A.K. Gani. Belanda diwakili oleh
Prof. Willem Scermerhorn, F.de.Boer, H.J. van Mook, Max van Poll |
16. Kalimat
dengan kata tanya mengapa yang tepat
sesuai isi paragraf tersebut adalah …..
17. Informasi
penting yang dapat ditemukan menggunakan kalimat tanya “siapa perwakilan dari Belanda yang dikirim untuk membuat Perjanjian
Linggajati ?” adalah…..
18. Nama
perundingan Linggajati diambil dari nama …..
Ø Jawablah
pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
19. Tuliskan
infomasi dari teks tersebut berdasarkan kata tanya kapan!
................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
20. Tulislah
5 contoh kata baku!
...............................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
C.
KD.
3.3 (IPA) NILAI :
Ø Pilihlah
jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada
huruf a, b, c atau d!
21.
Kemampuan kelelawar mendeteksi benda-benda
disekitar dengan mengeluarkan bunyi tertentu disebut ….
a.
mimikri c. ekolokasi
b. kamuflase d. autotomi
22. zat hara
yang didapatkan oleh tumbuhan insektivora dari serangga adalah….
a.natrium c. kalium
b.fosfor d. nitrogen
23. Perhatikan
tabel berikut ....
Nama
Hewan |
Cara
Adaptasi |
1. Sapi 2. Harimau 3. Bebek 4. Ayam 5. Elang
|
A. Susunan
gigi taring yang sangat tajam B. Kaki
yang memiliki selaput diantara jari C. Paruh
kukuh, runcing dan, melengkung tajam |
Pasangan yang tepat
antara nama hewan dan cara adaptasinya adalah….
a.1- A, 3 – B, dan 4 - C c.
2 – A, 3 – B, dan 5 - C
b. 2 – A, 3 –
B, dan 4 – C d.
3 – A, 4 – B, dan 5 - C
24. Pangkal tangkai daun
yang menggelembung pada enceng gondok berguna untuk….
a.membantu
menyeimbangkan tumbuhan di permukaan air
b. membantu
mengapung di permukaan air
c. membantu
menyimpan makanan
d. membantu
proses penguapan air
25. Ciri khusus
yang dimiliki oleh burung hantu untuk menemukan mangsa adalah ….
a.cakar yang tajam
b.kemampuan ekolokasi
c. mata dan telingga
yang peka
d. indra penciuman yang
tajam
Ø Pilihlah
jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada
huruf a, b, c atau d!
26.
Trenggiling memiliki penutup tubuh berupa sisik
tebal dab keras yang berfungsi untuk……
27. Lapisan pelekat pada telapak
kaki cecak berguna untuk……
28. Lidah buaya memiliki daun yang tebal dan
berdaging sebagai bentuk penyesuaian diri. Tujuan penyesuaian diri dengan
lingkungan tersebut adalah ….
Ø Isilah
titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
29. Apa tujuan
tumbuhan kaktus mengubah daunnya seperti duri !
………………………………………………………………………………………………………………….
30. Bagaimana cara ikan buntal melindungi diri dari pemngsa! ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
D.
KD.
3. 4(IPS) NILAI :
Ø Pilihlah
jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada
huruf a, b, c atau d!
31. Negara
pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah
....
a.
Afganistan c. Mesir
b.
India d. Saudi Arabia
32. Proklamasi
kemerdekaan menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang mandiri
karena....
a.
kemerdekaan Indonesia merupakan hasil
perjuangan sendiri, bukan pemberian bangsa lain
b.
kemerdekaan Indonesia dicapai melalui bantuan
jepang
c.
kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Soekarno
seorang diri
d.
kemerdekaan Indonesia adalah hasil perjuangan
para pemuda sendiri
33.
perjuangan
berikut yang bertujua untuk mempertahankan kemerdekaan adalah
....
a.
Perlawanan Rakyat Maluku dipimpin oleh
Pattimura
b.
Pertempuran Surabaya oleh arek- arek Surabaya
melawan kembalinya bangsa asing
c.
Sumpah Pemuda tahun 1928
d.
Perang Diponegoro dipimpin oleh Pangeran
Diponegoro
34.
Contoh kebebasan di bidang pendidikan yang
diperoleh rakyat Indonesia setelah kemerdekaan adalah ….
a.
hanya keluarga baangsawan yang dapat bersekolah
b.
sebagian murid pribumi adalah kaum laki-laki
c.
seluruh rakyat Indonesia dapat bersekolah
d.
pemerintah Belanda melarang perempuan Indonesia
bersekolah
35.
Tujuan dikeluarkannya kebijakan pinjaman
nasional adalah….
a.
Menghapus penggunaan mata uang NICA sebagai
alat pembayaran resmi Indonesia
b.
Meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam bidang
produksi pangan
c.
Mengumpulkan dana bagi kepentingan perjuangan
d.
Merancang pembangunan ekonomi
Ø Isilah
titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
36. Contoh
penerapan makna proklamasi saat upacara bendera
....
37. Penyebab
terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api ....
38. Kerjasama
yang dilakukan oleh Bung Tomo dan arek-arek Surabaya dalam upaya mempertahankan
kemerdekaan pada Pertempuran Surabaya adalah....
Ø Jawablah
pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
39.
Mengapa dalam memperjuangkan
untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak boleh bersifat kedaerahan?
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
40.
Tuliskan 3 kebijakan
pemerintah pada masa awal kemerdekaan untuk mengatasi masalah ekonomi Indonesia!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
E.
KD.
3.3 (SBdP) NILAI :
Ø Pilihlah
jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada
huruf a, b, c atau d!
41. Gerak tari
yang menirukan kegiatan manusia disebut ....
a.
gerak
tari klasik c. gerak tari
kreasi baru
b.
gerak
tari kreasi d. gerak tari
kerakyatan
42. Berikut yang
bukan termasuk bentuk penyajian tari adalah ...
a.
tari tunggal c.
tari kreasi
b.
tari berpasangan d. tari berkelompok
43. Tari piring
asli kebudayaan dari ....
a.
suku betawi c. suku
asmat
b.
suku minangkabau d. suku dayak
44.
Gerak tari
kerakyatan merupakan gerakan tari yang meniru kegiatan dan emosi manusia atau
perangai hewan. Berikut tari yang memiliki gerak tari kerakyatan adalah ….
a. tari
Merak, tari Reog Ponorogo, dan tari kuda Lumping
b. tari
Piring, tari Payung, dan tari Pakarena
c. tari
Saman, tari Kecak, dan tari Jaipong
d. tari
Pendet, tari Perang, dan tari Seudati
45.
Tari merak merupakan tarian daerah yang berasal
dari ….
a. Sumatra
Barat c.
Jawa Barat
b. DKI
Jakarta
d. Jawa Tengah
Ø Isilah
titik- titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
46. Fungsi
pola lantai dalam tarian berkelompok adalah ....
47. Pola
membentuk angka delapan termasuk jenis pola lantai.....
48. Contoh
tari yang dilakukan secara tunggal adalah…..
Ø Jawablah
pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
49. Tuliskan
3 ciri-ciri tari tunggal!
.............................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
50.
Tuliskan 2 contoh tari yang
mempunyai gerak tari kerakyatan !
…………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………..
Demikian postingan kami terkait soal PTS/PAS kelas 6 tema 2. Semoga bisa membantu menyiapkan siswa dan anak untuk menghadapi PTS dan PAS kelas 6 tema 2.
Donwload soal PTS/PAT Kelas 6 tema 2 di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar