Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan Keberagaman sesuai kurikulum 2013
Rangkuman
materi esensial kelas 4 tema 1 subtema 2 Keberagaman budaya bangsaku. Rangkuman
materi kelas 4 tema 1 Indahnya Kebersamaan. Rangkuman ini kami buat dengan
harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah menyampaikan dan
memahami materi tematik tema 1 kurikulum 2013 dengan judul “Indahnya
Kebersamaan”. Manfaat dengan adanya Rangkuman ini dapat dijadikan bahan belajar
bagi peserta didik untuk belajar dalam
mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 1
kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal.
Rangkuman kelas 4 tema 1 subtema 2
Pada postingan yang lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 4
tema 1 subtema 1 Keberagaman budaya bangsaku. Pada kesempatan ini kami akan
memposting rangkuman materi kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan
keberagaman. Nantikan juga Rangkuman materi kelas 4 tema 1 subtema 3 Bersyukur
atas keberagaman.
Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan Keberagaman muatan pelajaran PPKN
Kerjasama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh
beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Ada banyak kegiatan di lingkungan
sekitar yang dapa dilakukan dengan bekerja sama, Baik di lingkungan rumah,
sekolah, maupun masyarakat. Adapun manfaat melakukan kerjasama sebagai berikut;
- Pekerjaan berat menjadi ringan.
- Tercipta hubungan yang akrab dan daling membutuhkan antar sesama.
- Memperkuat hubungan kekeluargaan.
- Tercipta kerukunan.
- Menghemat waktu.
Dengan bekerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan
semakin terjalin dengan baik. Contoh kerjas sama di masayarakat adalah Ronda,
Kerja bakti dan Gotong royong
Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan Keberagaman muatan pelajaran Bahasa Indonesia
Cara Membuat Ringkasan
Ringkasan adalah suatu penyajian secara singkat yang berasal
dari karangan asli, namun tetap dengan mempertahankan usrutan isi dan sudut
pandang pengarang asli.
1. Membaca Naskah Asli
• Membaca naskah asli
sekali atau dua kali, kalau perlu
berulang kali hingga kamu paham.
• Mengetahui kesan
umum (inti) tulisan.
• Mengetahui maksud
dan sudut pandang penulis naskah asli.
2. Mencatat Gagasan Utama
• Membaca tulisan
bagian demi bagian sambil mencatat gagasan pokok.
• Menggunakan gagasan
pokok yang digunakan untuk menyusun ringkasan.
3. Gunakan Kalimat Baru
• Menggunakan kesan
umum (inti) untuk membuat ringkasan.
• Menyesuaikan urutan
isi dengan naskah asli.
• Menggunakan kalimat
baru dalam ringkasan.
• Menggambarkan
tulisan asli dalam kalimat baru.
4. Ketentuan Tambahan
• Menyusun ringkasan
dalam kalimat tunggal.
• Meringkas kalimat
menjadi frasa, frasa menjadikata.
Baca Juga :
Rangkuman Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1
Rangkuman Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 2
Rangkuman Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3
Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan Keberagaman muatan pelajaran IPA
Indra Pendengar (Telinga)
Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik.
Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.
Suara dari sekitar kita yang ditangkap oleh telinga luar
berupa getaran ataupun gelombang. Selanjutnya , suara tersebut diturunkan ke liang telinga jadi akan
memberikan sebuah tekanan atau pukulan pada gendang telinga ( membran timpani
). Ketika itulah gendang telinga akan
bergetar, dan juga getaran akan
diteruskan ke tulang ossicles menjadi getaran kuat dan akan dikirim ke telinga
pada bagian dalam. kemudian getaran berubah menjadi impuls listrik dan dikirim
pada saraf pendengaran otak. Kemudian otak menerjemahkan impuls ini sebagai
suara.
Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan Keberagaman muatan pelajaran IPS
Indonesia terdiri atas beragam agama. Perbedaan yang ada membutuhkan
toleransi di antara pemeluknya. Salah satu cara menghargai keberagaman budaya
adalah dengan mempelajari dan melestarikannya.
Tahukan kamu bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita saling mengenal dan saling menghargai. Tugas kita adalah menciptakan keselarasan di tengah-tengan perbedaan.
Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan Keberagaman muatan pelajaran SBDP
Gerakan tari bungong jeumpa
Tari Bungong Jeumpa terdapat dua macam, yaitu berdiri dan
duduk. Berikut adalah penjelasan perbedaan gerakan Tari Bungong Jeumpa dalam
posisi berdiri maupun duduk yang perlu kamu ketahui.
Kedua tangan berada di atas dengan posisi kaki jinjit setelah itu dihentakkan sebanyak dua kali ke arah kanan dan ke kiri. Delapan hitungan masing-masing dengan empat kali pengulangan.
Badan menyerong kanan dengan kedua jari tangan dirapatkan dan ditarik ke atas sehingga posisi kaki kanan ke depan. Ketika tangan ditarik ke bawah maka kaki kanan digerakkan mundur. Setelah itu, bergerak ke arah sebaliknya, masing-masing delapan hitungan dengan dua kali pengulangan.
Gerakan sama seperti gerakan kedua dan diulang sebanyak delapan hitungan di setiap arah. Tangan diluruskan ke depan dengan tatapan mata menghadap tangan.
Kedua tangan dibolak balik ke kanan dan kiri. Kemudian kaki bergerak jalan di tempat sambil diayun sebanyak delapan hitungan dan empat kali pengulangan
Terakhir yaitu kedua tangan memegang bahu, kemudian membuat gerakan mendorong ke depan, tangan dalam posisi lurus dan jari tangan diarahkan ke atas. Kaki digerakan maju dan bergantian ke kanan dan kiri sebanyak delapan hitungan dengan dua kali pengulangan. Demikian gerakan tari Bungong Jeumpa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar