Senin, 13 April 2020

Soal OSN KSN Matematika SD Tingkat Kabupaten 2020


OSN mengalami perubahan nama pada tahun 2020 ini, menjadi KSN yang memiliki kepanjangan Kompetisi Sains Nasional. Saya sendiri kurang begitu jelas dengan alasan perubahan nama ini. Pada Pedoman Pelaksanaan KSN, tidak ada penjelasan tentang perubahan nama ini.

Selain perubahan nama, perubahan juga terjadi pada beberapa bagian dari pelaksanaan KSN. Perubahan tersebut antara lain :

  1. Perwakilan sekolah, jika pada waktu masih bernama OSN sekolah mengirimkan 3 wakil untuk bidang matematika. Namun pada KSN sekolah hanya berhak mengirimkan 1 peserta
  2. Soal seleksi kabupaten dibuat oleh tim dari provinsi, panitia seleksi kabupaten hanya menggandakan dan menggunakannya
  3. Waktu pelaksanaan seleksi dibuat menjadi serentak, tentu saja alasan kemungkinan bocornya soal yang menjadikan alasan
Baca Juga : Soal Seleksi OSN SD Matematika Tingkat Kecamatan

Kisi-kisi soal tidak mengalami perubahan yang berarti. Kalaupun mau dibilang sama saja juga boleh. Perbedaan terjadi pada bentuk dan jumlah soal. Sekarang pelaksanaan KSN bidang matematika menggunakan bentuk soal isian. Jumlah soal untuk seleksi tingkat kabupaten sebanyak 25 soal.

Untuk kriteria penilaiannya tidak menggunakan sistem pengurangan nilai.

Jika anda penasaran dengan soal seleksi KSN Bidang Matematika SD yang digunakan untuk tahun 2020, maka anda boleh membaca atau mendownloadnya di bawah ini.



Demikian postingan saya mengenai OSN yang berubah menjadi KSN. Perubahan teknis yang menyertai perubahan nama tersebut. Serta soal seleksi tingkat kabupaten yang digunakan dalam seleksi bulan Maret kemarin. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 

1 komentar: